Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga (PVKK)

Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga (PVKK) merupakan sebuah program studi yang berfokus pada bidang yang selama ini ditekuni di rumah tangga. Di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, PVKK mempelajari tiga konsentrasi, seperti tata rias, tata boga, dan tata busana. Konsentrasi pertama, yaitu tata rias, mempelajari tentang spa, facial, makeup pengantin, pangkas rambut, dll. Konsentrasi kedua, tata boga, mempelajari tentang proses pembuatan makanan, nilai gizi pada makanan, bartending, plating, table manner, napkin, dessert, dll. Sementara untuk tata busana, mahasiswa akan mempelajari tentang membuat busana anak, piyama, mukena, drapping bordir, membatik, merajut, dll.

Perencanaan Wilayah dan Kota

Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) merupakan ilmu yang mempelajari segala aspek tentang perencanaan, perancangan dan penataan suatu wilayah dan kota. Program studi yang sering disebut sebagai planologi ini tidak hanya belajar mengenai ilmu-ilmu tentang keteknikan, namun juga mempelajari ilmu-ilmu lain, seperti ekonomi, geografi, geologi, statistika, kependudukan, arsitektur dan informatika, sehingga, aspek-aspek yang terlibat juga tak hanya estetika, namun juga fungsi dan dampak yang diberikan kepada kota dan masyarakat dari perencanaan tersebut.

Teknik Elektro

Teknik elektro merupakan ilmu teknik yang mempelajari sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik. Program studi ini tak hanay mempelajari, namun juga mendesain serta mengaplikasikan komponen dan sistem yang memanfaatkan listrik, elektronika serta elektromagnetik. Dalam program studi ini, mahasiswa akan belajar tentang aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari, serta teknologi yang terkait. Cakupan teknik elektro sangat luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatannya oleh pengguna akhir. Teknik Elektro pun dipecah menjadi beberapa konsentrasi, seperti teknik elektronika, teknik listrik, teknik instrumentasi, sampai teknik komputer dan telekomunikasi.

Teknik Industri

Teknik Industri merupakan program studi yang mempelajari tentang industri, baik di sisi manajemen dan juga teknik. Program studi ini berfokus pada perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem yang terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan dan energi. Ilmu teknik industri sebenarnya merupakan turunan dari teknik mesin, namun, mahasiswa juga belajar tentang disiplin lain seperti matematika, fisika, fisiologi, dan juga manajemen saintifik.

Teknik Lingkungan

Teknik Lingkungan merupakan salah satu cabang keilmuan dari teknik yang mempelajari lingkungan serta permasalahannya. Program studi ini berada dibawah naungan teknik dengan tujuan penyelesaian masalah dengan bantuan teknologi serta mewujudkan teknologi yang berwawasan lingkungan. Mahasiswa di program studi ini akan belajar tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Ruang lingkup jurusan ini adalah konservasi sumber daya air, pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, pengolahan limbah, pengolahan air plumbing/perpipaan, sistem drainase, hingga pengendalian dan pencemaran udara. Dalam konteks diatas, tentu akan didukung juga dengan berbagai disiplin seperti biologi, fisika, kimia, serta beberapa disilplin teknik lainnya.

村田諒太-ゴロフキンライブ grey cup 2021 live